Sabtu, 08 Februari 2014 - 20:19:28 WIB
Bakti Masyarakat dari Pesantren Modern al-Amanah Bersama Warga Junwangi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: KegiatanPesantren - Dibaca: 90033 kali

Tepat pada tanggal 14 Januari 2014, seluruh santriwan dan santriwati Ponpes Al-Amanah memang libur untuk pembelajaran di kelas. Selain memang karena tanggal merah ,juga karena memperingati maulid nabi Muhammad SAW. Namun mereka masih tetap melakukan pembelajaran di luar kelas, dengan melakukan Bakti Masyarakat bersama para remaja desa Junwangi.

            Pukul 07.00 pagi, santriwati berkumpul terlebih dahulu di mushollah untuk menyimak pesan ustadzah Dwi Tri Rahayu sebelum kami keluar untuk melaksanakan kegiatan. Beliau berkata, “Pembelajaran itu tidak selalu dilaksanakan di dalam kelas dengan guru di setiap mata pelajarannya. Namun pembelajaran itu juga dapat dilaksanakan di luar kelas. Karena di sana banyak terdapat ilmu yang musti kita dapat dengan lingkungan yang menjadi guru.” Beliau juga memberi pesan untuk tetap menjaga sopan santun saat melaksanakan kegiaatan.

            Setelah santriwati menyimak penyampaian dari ustadah, pukul 07.30 mereka berkumpul di depan gerbang. Di sana sudah berbaris para santri putra dan remaja desa. Sebelum melakuakan kegiatan, kami berbaris di depan pondok untuk kembali menyimak arahan dari ustad Fahrizal tentang betapa pentingnya bersosialisasi dengan masyarakat untuk ke depannya. Lalu beliau memberi arahan bagaimana berjalannya kegiatan Bhakti Masyarakat ini.

            Untuk santriwati, mereka dibimbing oleh asatidzah yang langsung di handle oleh ustadzah Dwi. Dan untuk santri laki-laki, di handle oleh dewan asatidz putra.

            Kami (santriwati) di bagi menjadi beberapa kelompok. Setiap angkatan di bagi menjadi dua regu. Karena banyak tempat target yang dituju untuk melakukan Bhakti Masyarakat. Ada yang bertugas membersihkan mushollah desa, sampah di jalanan, mengambili sampah di sungai, hingga membersihkan  makam desa. Ditiap tempat kami dibimbing oleh satu pembimbing dari asatidz atau asatidzah. Bersama dengan beberapa remaja desa yang turut membagi regu untuk membantu kami.

            Untuk kelompok yang membersihkan mushollah, kami memberi kenang-kenanganan dari pondok untuk mushollah berupa kalender pondok dan pewangi ruangan. Dan acarapun usai sekitar pukul 10.30 siang.






    Admin Zyi



Copyright © 2013 by al-Amanah's Teams